Langsung ke konten utama

MENGAPA KESADARAN GIZI PENTING UNTUK KESEHATAN PEREMPUAN

Perempuan utamanya di masa remaja merupakan kelompok yang rentan mengalami perubahan dalam pola makan dan aktivitas fisik selama masa pubertas mereka. Dalam hal ini, kesadaran gizi sangat penting untuk membantu mereka memahami pentingnya nutrisi yang tepat bagi tubuh mereka, serta membantu mencegah risiko masalah kesehatan yang terkait dengan kekurangan atau kelebihan asupan nutrisi.

Ketika perempuan tidak memperhatikan kesadaran gizi, hal ini dapat mempengaruhi kesehatan dan kesejahteraan mereka serta generasi selanjutnya di masa depan. Beberapa masalah kesehatan yang bisa terjadi akibat kurangnya kesadaran gizi adalah obesitas, gangguan menstruasi, anemia, dan masalah kesehatan mental seperti kecemasan dan depresi. Hal ini akan berdampak pula pada masalah kehamilan Dan kelahiran si buah hati. 

Oleh karena itu, membangun kesadaran gizi sejak dini sangat penting bagi perempuan untuk membantu mereka memahami kebutuhan nutrisi yang tepat untuk tubuh mereka. Terkait makanan yang sebaiknya dikonsumsi, dibatasi dan bahkan dihindari. Semua hal itu akan mempengaruhi kerja hormon yang juga berperan dalam banyak proses di dalam tubuh Dan bila tidak terpenuhi akan menghambat kerja metabolisme dalam tubuh dan bahkan dapat mengalami sulit hamil bila tidak segera diperbaiki. Dengan memperhatikan kesadaran gizi,  perempuan sedini mungkin dapat menghindari pola makan yang tidak sehat dan memilih makanan yang mengandung nutrisi yang tepat, seperti sayuran, buah-buahan, protein, dan biji-bijian.

Selain itu, kesadaran gizi juga dapat membantu perempuan dalam mempertahankan kesehatan mental mereka. Sebagai contoh, mengonsumsi makanan yang seimbang dapat membantu menjaga kadar gula darah dan mempengaruhi suasana hati yang lebih baik. Perempuan juga bisa belajar bagaimana makanan yang sehat dapat mempengaruhi konsentrasi dan kemampuan beraktivitas di sekolah, lingkungan kerja ataupun di masyarakat.

Sebagaimana disampaikan salah satu syair Arab bahwa Al-Ummu Madrasatul Ula, ibu adalah sekolah utama bagi anaknya. Bila engkau mempersiapkannya maka engkau telah mempersiapkan generasi terbaik.

Kesadaran gizi dapat membantu menjalankan peran penting perempuan sebagai sekolah utama bagi anak yaitu dengan pemahaman yang benar tentang gizi membuat perempuan mampu menyajikan dan memberitahukan kepada keluarga tentang nutrisi terbaik yang seharusnya dikonsumsi anggota keluarga sesuai umur sehingga generasi selanjutnya yaitu anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal melalui gizi seimbang serta tidak mengalami stunting. 

Dalam kesimpulannya, kesadaran gizi sangat penting bagi perempuan terutama di usia remaja untuk membantu mereka memahami pentingnya nutrisi yang tepat bagi tubuh mereka dan mencegah risiko masalah kesehatan dan masalah reproduksi di masa depan. Oleh karena itu, membangun kesadaran gizi sejak dini dan membantu perempuan memilih makanan yang sehat dapat memberikan manfaat besar bagi kesehatan dan kesejahteraan serta generasi mereka di masa depan.

Oleh: Nur Hidayatusholihah S.Gz (Anggota Departemen Kesehatan)

Gambar: grid.id

Editor: Nadiya 

Komentar