Langsung ke konten utama

LAGU "DIRI" DAN RELEVANSINYA TERHADAP KEHIDUPAN GENERASI Z

Seringkali musik menjadi salah satu media yang digunakan untuk menyatakan perasaan dan pikiran melalui melodi dan lirik lagu yang ada di dalamnya. Hari ini banyak sekali penyanyi khususnya di Indonesia yang menciptakan lagu dengan kandungan motivasi. Tulus adalah pemusik yang terkenal dengan lagu-lagunya yang penuh dengan makna. Salah satunya ialah lagu yang berjudul “Diri” yang merupakan bagian dari album terbarunya “Manusia” yang rilis pada awal tahun 2022 dan telah ditonton lebih dari 35 juta kali di kanal Youtube. 

Lagu "Diri" yang dinyanyikan oleh Tulus memiliki makna yang dalam dan relevan dengan kehidupan generasi Z saat ini. Lagu ini mengajarkan tentang pentingnya menjadi diri sendiri dan tidak terpengaruh oleh pandangan orang lain. Melalui lagu ini, Tulus ingin membuktikan bahwa setiap kita mempunyai potensi dalam diri secara khusus para generasi muda saat ini untuk mengapresiasi diri guna menjaga kesehatan mental. Relevansi lagu "Diri" dengan kehidupan generasi Z dapat dilihat dari beberapa hal berikut:

Menjadi diri sendiri: Gen Z seringkali merasa tertekan untuk menjadi seperti orang lain atau mengikuti tren yang sedang populer. Lagu "Diri" mengajarkan pentingnya menjadi diri sendiri dan tidak terpengaruh oleh pandangan orang lain. Hal ini dapat membantu generasi Z untuk lebih percaya diri dan mengejar impian mereka tanpa takut dihakimi oleh orang lain.

Menghargai diri sendiri: Lagu "Diri" juga mengajarkan tentang pentingnya menghargai diri sendiri dan menjaga kesehatan mental. Generasi Z seringkali mengalami tekanan dari lingkungan sekitar, seperti tuntutan untuk sukses atau tampil sempurna di media sosial. Lagu ini mengajarkan bahwa penting untuk menghargai diri sendiri dan tidak terlalu memikirkan pandangan orang lain.

Menjaga kelestarian lingkungan: Selain itu, lagu "Diri" juga dapat dihubungkan dengan isu lingkungan hidup. Lagu ini mengajarkan tentang pentingnya menjaga keaslian diri dan tidak terpengaruh oleh lingkungan sekitar. Hal ini dapat dihubungkan dengan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup dan tidak terpengaruh oleh perilaku konsumtif yang merusak lingkungan.

Dari lagu “Diri”, Tulus berusaha merangkul dan mengajak pendengarnya untuk memiliki pandangan yang lebih terbuka terhadap kesehatan mental dan menyadari pentingnya mencintai diri sendiri.  Oleh karena itu, lagu ini dapat menjadi inspirasi bagi Gen Z untuk lebih percaya diri dan menjalani kehidupan dengan lebih positif dan berarti.

Oleh : Naqiyya Amaniya Thooriq (Anggota Departemen Lingkungan PWNA Lampung)

Gambar: Wikipedia

Editor: Nadiya

Komentar