Langsung ke konten utama

I AM A SUCCESSFUL WOMAN

Banyak perempuan yang memiliki keinginan untuk bisa sukses secara finansial dengan berbagai macam alasan, seperti ingin membantu perekonomian keluarga dan menjadi seorang independent woman yang tidak bergantung kepada sosok suami atau pun keluarga. Banyak perempuan berusaha mencari jawaban, apa saja hal utama yang mendasari kesuksesan dalam hidup? Apakah boleh perempuan menjadi lebih kaya dari pada seorang laki-laki? Apa saja yang di lakukan oleh perempuan-perempuan sukses di luar sana di banding sisa perempuan lainya? Tentu saja banyak pendapat, penelitian dan tulisan bahkan buku-buku mengenai hal ini.

Dalam kesempatan ini saya ingin membahas beberapa hal kebiasaan yang dilakukan perempuan-perempuan yang sukses dalam karirnya. Orang yang sukses selalu mengembangkan tujuan yang jelas dalam setiap tindakan yang dilakukanya sehingga dapat menggerakan dirinya bahkan tanpa disadari. Ini yang membedakan perempuan sukses dengan rata-rata perempuan lainya. Seringkali kita tidak tahu, apa yang di inginkan saat melakukan sesuatu, hanya terjawab polanya saja. untuk itu, pada setiap hal yang kita lakukan, perlu ditanyakan pada diri kita: apa outcome atau hasil yang saya inginkan untuk terjadi?

Orang yang sukses, selalu mengambil satu langkah nyata, untuk mendapatkan hasil yang di inginkan itu terjadi. Pada setiap outcome yang kita miliki, pastikan bahwa kita melakukan tindakan atau langkah yang nyata. Saat kita bergerak melangkah menuju outcome, maka kita perlu memiliki kepekaan untuk mengetahui apakah tindakan atau langkah kita mendekatkan pada hasil yang di inginkan, atau malah menjauhkan dan menyesatkan kita dari hasil baik secara instan ataupun jangka panjang.

Sebagaimana kita dapat melihat contoh nyata perempuan sukses, yaitu Siti Khadijah r.a istri pertama Rasulullah SAW. Keberhasilanya terletak pada kemampuanya membaca pasar, membuat keputusan yang tepat sebagai langkah nyata dan menjalin hubunagn bisnis yang baik. Dirinya berhasil memperluas jaringan perdagangannya hingga keberbagai wilayah.

Dalam menuju kesuksesan, kita perlu memiliki fleksibilitas dalam bertindak, melakukan tidakan yang lain saat mengetahui bahwa tindakan sebelumnya tidak menghasilkan. Ubah tindakan kita dengan cerdas sampai akhirnya kita mendapatkan hasil yang diinginkan. Seperti sudah di ketahui bahwa pikiran, tubuh, dan emosi ada dalam satu sistem, dan satu sama lain saling mempengaruhi. Dengan begitu kita perlu bersikap dan berperilaku dalam state (pikiran dan emosi) dan fisiologi yang paling optimal, dengan demikian akan mempengaruhi internal representational  dan hasilnya akan mempermudah kita mencapai outcome.

Jadi tetaplah teguh pada prinsip, etika dan nilai. Kesuksesan yag dibangun diatas fondasi moral cenderung lebih bermakna dan berkelanjutan dengan menghadapi seluruh hambatan dengan keberanian. Bekerja keras untuk mengatasi stereotip gender dan membuktikan bahwa perempuan memiliki potensi luar biasa di berbagai bidang.

Oleh : Esti Risningsih, S.Sos.

Editor: Nadiya

Gambar: Freepik

Komentar